Buscador de Noticias Mundial. La mas completa informacion para todos los usuarios en todos los idiomas.



Dinas Pertanian Gerakkan Petani Menanam Cabai

Foto: suaramerdeka.com/Fadlan M Zain

Foto: suaramerdeka.com/Fadlan M Zain

PURBALINGGA, suaramerdeka.com – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga Ir Lily Purwati, Kamis (13/4) mengatakan, pihaknya tengah menggerakan penanaman cabai di kalangan petani.

Pemkab Purbalingga mendukung gerakan penanaman cabai besar dengan fasilitasi kegiatan berupa bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa cultivator, pompa air, handsprayer, serta bantuan mulsa untuk 18 kelompok tani di Purbalingga.

“Bantuan bersumber dari dana APBN itu dengan sasaran 75 hektar tanaman cabai,” katanya.

Selain itu, juga fasilitasi untuk budi daya kawasan cabai rawit seluas 25 hektar yang bersumber dari dana APBN. Bantuan yang diberikan berupa alsintan dan mulsa untuk enam kelompok tani.

Kegiatan cabai besar bersumber dana APBD Provinsi seluas 2 hektar berupa bantuan sarana produksi seperti benih, mulsa, pupuk organik padat, dan pupuk organik cair yang diberikan kepada kelompok tani Sigintung Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet.

Fasilitasi lainnya yang diberikan melalui APBD Provinsi yakni bantuan tanaman cabai dalam polibag sejumlah 3.900 buah untuk kelompok wanita tani Wiji Dadi Kelurahan Purbalingga Lor.

“Sedang bantuan saprodi cabai besar di pekarangan dengan sumberdana dari APBN sejumlah 54.000 polibag untuk 27 kelompok wanita tani,” kata Lili Purwati.

(Ryan Rachman/CN19/SMNetwork)

FUENTE:

http://berita.suaramerdeka.com/dinas-pertanian-gerakkan-petani-menanam-cabai/