Buscador de Noticias Mundial. La mas completa informacion para todos los usuarios en todos los idiomas.



Perpustakaan Targetkan Jumlah Anggota Capai 15 Ribu Orang

Sejumlah siswa SDN 1 Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan mengerumuni Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora saat kunjungan di sekolah tersebut. (Foto suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

Sejumlah siswa SDN 1 Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan mengerumuni Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora saat kunjungan di sekolah tersebut. (Foto suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora menargetkan jumlah anggota perpustakaan umum daerah mencapai 15 orang tahun ini. Targetkan tersebut dimungkinkan tercapai. Pasalnya, hingga bulan Maret saja jumlah anggota perpustakaan umum daerah telah mencapai 11 ribu orang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora, Gundala Wejasena, mengemukakan, target tersebut bukan semata jumlah, melainkan bagaimana menumbuhkan minat baca di semua elemen masyarakat. Didampingi Kepala Seksi Layanan Pustaka dan Informasi, Priyadi. Gundala Wejasena menyatakan, untuk mencapai target tersebut pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan layanan baik di instansi pemerintah maupun swasta serta sekolahan hingga pelosok desa. ‘’Kami ingin menumbuhkan minat baca di semua kalangan,’’ tegasnya, Kamis (13/4).

Gundala yang juga mantan staf ahli bupati Blora menuturkan, semua desa harus memiliki perpustakaan umum. Bukan perpustakaan perangkat desa. Sehingga masyarakat bisa memperoleh bacaan yang diperlukan. ‘’Dengan adanya perpustakaan berarti ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Gundala.

Menurutnya, budaya membaca di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Selain bisa menambah pengetahuan, dengan gemar membaca akan menjadikan seseorang semakin tertarik menggali ilmu dari buku-buku yang dibacanya. ‘’Kami bertekad untuk mendorong, memfasilitasi dan menjadikan suasana perpustakaan lebih nyaman dengan aneka nuansa. Seperti permainan anak dan wifi,’’ ujarnya.

Kepala Seksi Layanan Pustaka dan Informasi, Priyadi, menambahkan, layanan kelililing dengan menggunakan mobil masih menjadi prioritas untuk menumbuhkan budaya membaca. ‘’Layanan keliling terus kami optimalkan. Di setiap momentum kegiatan, kami berusaha hadir. Termasuk di sekolah TK. Kami ajak anak-anak bermain, membaca, dan hiburan,” kata Priyadi.

Pada kesempatan yang sama, Mokhamad Farid, seorang pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora mengatakan, untuk memacu potensi perpustakaan di tingkat desa pihaknya akan intensif melakukan monitoring terkait organisasi, pengelolaan bahan pustaka, pendanaan dan pengembangan minat baca di wilayah setempat.

(Abdul Muiz/CN19/SMNetwork)

FUENTE:

http://berita.suaramerdeka.com/perpustakaan-targetkan-jumlah-anggota-capai-15-ribu-orang/