Buscador de Noticias Mundial. La mas completa informacion para todos los usuarios en todos los idiomas.



Siswa Lolos SNMPTN Mundur, UNS Peringatkan Sekolah

Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, suaramerdeka.com – Mulai tahun ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan memberikan peringatan secara tertulis pada sekolah yang siswanya dinyatakan lolos melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) namun tak melakukan daftar ulang.

Hal itu sekaligus bertujuan agar sekolah yang bersangkutan ikut mengawal agar siswanya tak mundur setelah dinyatakan lolos seleksi.

”Karena jika siswa yang bersangkutan lolos namun tidak registrasi atau mundur, sekolah yang akan kami kirimi surat resmi. Itu semacam warning supaya siswa-siswanya yang sudah lolos SNMPTN tak mundur. Sebab jika mundur begitu saja, menghilangkan kesempatan pendaftar lain dan kursi yang ditinggalkan bakal menjadi kursi kosong,” kata Ketua Panitia Lokal (Panlok) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS, Prof Dr Sutarno.

Seperti diketahui, jalur penerimaan melalui SNMPTN didasarkan pada nilai rapor yang secara online diunggah oleh sekolah ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Dari hasil yang masuk, Panitia Pusat kemudian melakukan proses serta pemeringkatan terhadap para siswa dari ribuan sekolah. karena itu, jika ada siswa yang lolos SNMPTN namun tak daftar ulang pada 16 Mei mendatang, status kelolosan yang bersangkutan dinyatakan hangus.

”Jika sampai siswa lolos SNMPTN yang mundur, maka sekolah juga akan ikut bertanggungjawab, sehingga kami menyampaikan surat teguran tertulis pada selutuh sekolah,”katanya.

Disinggung megenai kemungkinan adanya sanksi berupa blacklist terhadap sekolah asal yang siswanya tak daftar ulang SNMPTN, Sutarno mengemukakan jika hal itu menjadi kewenangan Panitia Pusat.

(Evie Kusnindya/CN19/SMNetwork)

FUENTE:

http://berita.suaramerdeka.com/siswa-lolos-snmptn-mundur-uns-peringatkan-sekolah/