Buscador de Noticias Mundial. La mas completa informacion para todos los usuarios en todos los idiomas.



Exit Tol Tingkir Rawan Macet

SALATIGA- Exit (gerbang) jalan tol Salatiga (Tingkir) diprediksi menjadi titik kemacetan arus lalu lintas saat arus balik dan mudik Lebaran mendatang.

Sebab, di ujung jalan tol Bawen-Salatiga itu terdapat ruas jalan Tingkir-Suruh-Karanggede- Sragen, yang selama ini merupakan jalur padat, terutama saat liburan dan arus mudik/ balik Lebaran. Bila tidak diantisipasi sejak dini, kemacetan di Brebes Exit (Brexit) pada Lebaran tahun lalu dikhawatirkan terulang di tempat itu.

Karena itu, jajaran terkait yakni Polres Salatiga, Polres Kabupaten Semarang, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan instansi lainnya, mengantisipasinya, dengan menyurvei dan memetakan titik rawan kemacetan. Selain itu, menyiapkan upayaupaya untuk menghindari terjadinya kemacetan di ujung tol tersebut.

Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana menjelaskan, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, jalan tol Bawen- Salatiga akan dioperasikan pada arus mudik dan balik Lebaran. Dipastikan seluruh kendaraan akan memilih jalur tol Semarang- Bawen-Salatiga untuk menghindari kemacetan di jalur umum. ”Persoalannya bila terjadi kepadatan arus, maka Exit Tol Tingkir akan terjadi penumpukan kendaraan. Polres Salatiga dan jajaran terkait sudah menyiapkan langkah antisipasi,” kata Happy saat memantau di Exit Tol Salatiga, kemarin.

Turut memantau, Kadishub Kota Salatiga Ady Suprapto, Kabag Ops Polres Salatiga Kompol Saeri, Kasatlantas AKP Edy Sutrisno, dan Plt Kepala Satpol PP Kusumo Ajie.

Kapolres menegaskan, sejumlah rekayasa lalu lintas telah disiapkan, seperti menjadikan jalur Suruh-Tingkir sebagai jalan searah atau menerapkan sistem buka-tutup. Lalu bila terjadi penumpukan di Exit Tol Salatiga, maka akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Semarang, untuk menutup arus ke Tol Bawen-Salatiga, di mana kendaraan dari arah Semarang, dikeluarkan lewat Exit Tol Bawen.

Jalur Alternatif

Kemudian di sekitar jalur Tingkir-Suruh disiapkan jalurjalur alternatif bagi warga lokal untuk menghindari kemacetan di sekitar Exit Tol Salatiga. Rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan untuk mengantisipasi arus balik Lebaran. Di pertigaan Exit Tol Salatiga juga telah disiapkan tambahan Posko Lebaran yang nantinya akan menjadi pusat pemantauan arus mudik dan balik.

Kasatlantas AKP Edy Sutrisno menambahkan, jalur alternatif telah disurvei dan diharapkan bisa dipakai warga lokal menghindari kemacetan di sekitar pertigaan jalan tol. Sementara itu, Kadishub Ady Suprapto menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan brosur yang akan disebar di wilayah sekitar Salatiga dan Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang.

Brosur berisi informasi tentang panduan rekayasa arus lalu lintas dan jalur alternatif yang bisa dilewati untuk menghindari Exit Tol Salatiga. Plt Kepala Satpol PP, Kusumo Ajie mengatakan, pihaknya akan menertibkan pedagang kaki lima yang menggunakan badan jalan di sepanjang jalan Tingkir- Suruh, karena berpotensi menyebabkan kemacetan arus lalu lintas. (H2-57)

FUENTE:

http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/exit-tol-tingkir-rawan-macet/