Buscador de Noticias Mundial. La mas completa informacion para todos los usuarios en todos los idiomas.



Dorong Orang Tua Siapkan Pendidikan Karakter

Ilustrasi istimewa

Ilustrasi istimewa

PURWOKERTO, suaramerdeka.com – Dalam menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik, selain guru di sekolah, keluarga dinilai juga memiliki peran yang cukup penting. Oleh karena itu, kalangan guru maupun pihak sekolah memiliki tanggung jawab dalam mendorong orang tua siswa agar menyiapkan pendidikan karakter di dalam keluarganya.

”Baik kepada pihak sekolah dan guru sebagai tangan panjang dari kami (Dinas Pendidikan), kami minta agar mereka mendorong para orang tua siswa untuk menyiapkan pendidikan karakter di keluarganya, terutama anak,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Purwadi Santoso saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bintek) Penguatan Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan di Hotel Dominic Purwokerto.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 60 peserta terdiri atas pengelola satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA/SMK, tenaga kependidikan dan organisasi mitra. Kegiatan yang berlangsung sampai Jumat (26/5) itu diisi oleh sejumlah nara sumber, mulai dari tenaga fasilitator, tim dari Dinas Pendidikan hingga tim dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud.

Menurut Purwadi, bila orang tua sudah melakukan upaya penanaman pendidikan karakter di rumah, ketika anak tersebut diterima di sekolah menjadi peserta didik, maka nanti akan berkelanjutan atau terjadi sinkronisasi (nyambung), pasalnya di sekolah guru sudah menyiapkan pembelajaran yang menekankan pada penanaman pendidikan karakter.

Dalam menyukseskan penanaman pendidikan karakter, setidaknya ada tiga komponen penting yang harus saling melengkapi. Ketiga komponen itu adalah keluarga, sekolah dan masyarakat. ”Adanya program Bindikel (Pembinaan Pendidikan Keluarga) yang sudah dilaksanakan di sejumlah sekolah, pada dasarnya merupakan upaya untuk menyambungkan antara peran keluarga (orang tua) siswa dengan pihak sekolah. Bila kedua komponen itu sudah terjalin baik, maka tinggal masyarakat yang memberikan peran,” tambah dia.

Sementara Kabid Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Heri Teguh Santoso mengatakan, di Banyumas ada tujuh satuan pendidikan yang dijadikan sebagai piloting project pelaksanaan penguatan penyelenggaraan pendidikan keluarga. Ketujuh satuan pendidikan tersebut antara lain SD Sokanegara 1 Kecamatan Purwokerto Timur, SMP 1 Purwokerto, SMA 2 Purwokerto, SKB Purwokerto dan SLB Purwokerto.

Selama kegiatan bintek, para peserta mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan, mulai dari mendapatkan materi tentang kelas orang tua, diskusi menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari kegiatan bintek, presentasi RTL hingga refleksi kegiatan. ”Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat menularkan atau menjadi “virus” positif terhadap lingkungan sekitar, terutama orang tua siswa dan masyarakat,” tandas salah satu fasilitator kegiatan, Nur Kholis.

(Budi Setyawan/CN19/SMNetwork)

FUENTE:

http://berita.suaramerdeka.com/dorong-orang-tua-siapkan-pendidikan-karakter/