Buscador de Noticias Mundial. La mas completa informacion para todos los usuarios en todos los idiomas.



Upaya Penutupan Al Jazeera Dikecam Pelapor PBB dan Pengamat Kebebasan Media

Foto: istimewa

Foto: istimewa

DUBAI, suaramerdeka.com - Menyusul ketegangan hubungan negara dengan Qatar, pelapor Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pengamat kebebasan media mengecam empat negara Arab yang berupaya menutup stasiun televisi Al Jazeera.

Salah satu pejabat dari empat negara Arab, yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir, seperti dilansir Reuters, mengirim daftar 13 tuntutan kepada Doha, termasuk di antaranya menutup Al Jazeera yang didanai pemerintah dan mengurangi hubungan dengan Iran.

Menurut David Kaye, Pelapor Khusus PBB untuk Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi, langkah tersebut adalah pukulan terhadap kemajemukan media di Timur Tengah. “Permintaan itu adalah ancaman besar bagi kebebasan media, jika negara dengan dalih kemelut diplomatik mengambil tindakan memaksa penutupan Al Jazeera,” ujarnya.

Masyarakat dunia juga diminta mendesak pemerintah negara Arab untuk tidak memaksakan permintaan tersebut pada Qatar, untuk menolak melakukan langkah guna menyensor media di wilayah mereka dan kawasan, dan untuk mendorong dukungan bagi media mandiri di Timur Tengah.

Keempat negara Arab tersebut menuduh Al Jazeera mencampuri urusan dalam negeri mereka dan mengobarkan kerusuhan di Timur Tengah melalui laporannya. Namun, tuduhan tersebut telah dibantah oleh media yang bersangkutan.

(CNN / CN26)

FUENTE:

http://berita.suaramerdeka.com/upaya-penutupan-al-jazeera-dikecam-pelapor-pbb-dan-pengamat-kebebasan-media/