Buscador de Noticias Mundial. La mas completa informacion para todos los usuarios en todos los idiomas.



Kebakaran Kebun Tebu Desa Bulusulur Ancam Perkantoran Pemerintah

KEBAKARAN: Kebakaran kebun tebu di Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri, meluas tidak terkendali dan mengancam perkantoran pemerintah yang berada di dekatnya. (suaramerdeka.com / Bambang Purnomo)

KEBAKARAN: Kebakaran kebun tebu di Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri, meluas tidak terkendali dan mengancam perkantoran pemerintah yang berada di dekatnya. (suaramerdeka.com / Bambang Purnomo)

WONOGIRI, suaramerdeka.com – Kebakaran kebun tebu di Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Selasa malam (22/8), nyaris meluas mengancam perkantoran pemerintah. Yakni mengancam Kantor Dinas P dan K, Kantor DPU, dan Kantor Sanggar Kelompok Belajar (SKB).

Sejumlah perkantoran pemerintah tersebut, berada dalam satu kompleks di Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri Kota, yang berbatasan dengan perkampungan warga dan berdekatan dengan areal kebun tebu yang meluas. Kondisi kebun yang mengering karena musim kemarau puncak sekarang ini, membuat daun tebu menjadi rawan terbakar.

Warga Desa Bulusulur, menyatakan, melihat kobaran api yang membakar kebun tebu pada pukul 18.15. ”Karena tiupan angin, menjadikan kobaran api meluas,” ujar Warno, salah seorang tokoh warga di Desa Bulusulur.

Kobaran api semakin tidak terkendali, dan meluas mendekati ke arah perkantoran pemerintah. Kebakaran kebun tebu yang makin meluas ini, segera dilaporkan ke pamong desa dan dinas terkait. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Rabu (23/8), menyatakan, sumber api masih dalam penyelidikan petugas. ”Tapi, sepertinya ada dugaan kebakaran kebun tebu tersebut disengaja oknum yang kurang bertanggungjawab,” tegas Bambang.

Untuk memadamkan kebakaran kebun tebu tersebut, BPBD mengerahkan relawan siaga bencana dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), Tim SAR, aparat TNI dan Polri dari jajaran Koramil dan Polsek Wonogiri, pamong desa bersama warga masyarakat serta mendatangkan mobil pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, untuk mempercepat pemadaman api.

Api berhasil dipadamkan selang sekitar dua jam kemudian. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, tapi tanaman tebu seluas sekitar 1 Haktare (Ha) lebih, ludes terbakar. Kasus kebakaran kebun tebu ini, menjadi peristiwa yang keduakalinya terjadi di wilayah Kecamatan Wonogiri dalam tempo tiga hari belakangan ini. Sebelumnya, kebakaran terjadi di kebun tebu wilayah Bantarangin, Wonogiri Kota, membakar tanaman tebu seluas lebih dari 0,7 Ha.

(Bambang Purnomo / CN26 / SM Network)

FUENTE:

http://berita.suaramerdeka.com/kebakaran-kebun-tebu-desa-bulusulur-ancam-perkantoran-pemerintah/