Buscador de Noticias Mundial. La mas completa informacion para todos los usuarios en todos los idiomas.



Keikhlasan Berkorban untuk Revolusi Mental

IDUL ADHA: Ribuan umat Islam menggunakan ruas penggal jalan protokol Kota Wonogiri di depan Makodim dan depan Mapolres lama, untuk melaksanakan salah Idul Adha 1438 H berjamaah. (Foto suaramerdeka.com/Bambang Purnomo)

IDUL ADHA: Ribuan umat Islam menggunakan ruas penggal jalan protokol Kota Wonogiri di depan Makodim dan depan Mapolres lama, untuk melaksanakan salah Idul Adha 1438 H berjamaah. (Foto suaramerdeka.com/Bambang Purnomo)

WONOGIRI, suaramerdeka.com – Jadikan momentum keikhlasan berkurban di Hari Raya Idul Adha, untuk melakukan revolusi mental, guna memberpaiki perbuatan, perilaku, dan karakter. Hendaknya dapat dimaknai untuk meninggalkan semua perbuatan tercela, dan memperbanyak amal kebaikan dalam menyiapkan bekal menuju akhirat.

”Telah banyak terbukti, bahwa perbuatan dan karakter tercela, membuahkan kerugian dan kerusakan. Karena itu, marilah kita berlomba-lomba menjadi insan yang berperilaku terbaik, di mana saja dan kapan saja, selama kita dapat melakukannya,” tegas Ustadz M Juliyanto.

Sebagai tokoh Muhamadiyah Kabupaten Wonogiri, M Juliyanto, Jumat (1/9), tampil menjadi katib untuk menyampaikan ceramah di hadapan jamaah ratusan umat Islam, yang melaksanakan ibadah salat Idul Adha 1438 H di depan Makodim 0728 Wonogiri. Ikut hadir menjadi jamaah, Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhamadiyah Wonogiri, Kusman Toha, dan sesepuh Takmir Masjid Besar At Taqwa Tukidjo.

M Julianto, yang mantan Anggota KPU Kabupaten Wonogiri, menyatakan, bangsa kita butuh generasi yang terbaik dalam mempertahankan kesatuan dan persatuan, untuk mengisi kemerdekaan. ”Kita hendaknya jangan mudah terprovokasi oleh hasutan berita-berita yang ramai diunggah di media sosial. Bijaksanalah dalam mencernanya, bila perlu bersikaplah tabayun, untuk lebih dulu mengklarifikasi kebenarannya,” jelas M Juliyanto.

Salat Idul Adha 1438 H di depan Makodim 0728 Wonogiri, menampilkan Imam Lutfhi Baihaq Al Hafidz, dengan menggunakan ruas jalan protokol Kota Wonogiri. Ibadah salat jamaah salat Idul Adha 1438 H yang menggunakan penggal ruas jalan protokol Kota Wonogiri, juga digelar di depan Mapolres Wonogiri lama. Menampilkan Imam Ustadz Dahlan Alwi dan Kotib Andi Firmansyah.

Pengamanan Khusus

Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora, menurunkan personel dari jajaran Satlantas pimpinan Kasatlantas AKP Dani Permana Putra, untuk melakukan pengamanan salat jamaan Idul Adha yang menggunakan ruas penggal jalan protokol. ”Secara khusus kami turunkan anggota untuk melakukan pengamanan umat yang salat di ruas jalan,” tegas Kapolres.

Umat Islam di Wonogiri tidak menggelar takbiran keliling. Kapolres AKBP Mohammad Tora, melarang penyelenggaraan takbiran keliling, dengan mendasarkan pada pertimbangan aspek keamanan. Kapolres juga melarang pembagian daging kurban yang mengabaikan ketertiban, untuk menghindarkan tindakan saling berebut, yang itu dapat memicu kekacauan dan jatunya korban.

Salat Idul Adha 1438 H di halaman Masjid Besar At Taqwa Wonogiri, menampilkan Imam Harum Mirzah dan Katib Ketua Pengadilan Agama (PA) Wonogiri Muhamad Mukti.

Di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri, menampilkan Imam Ustadz M Luthfi Al Hafidz, dan Katib Ustadz Parman Hanif (Kepala SMP 2 Baturetno yang juga seniman dalang). Kemudian salat Idul Adha di Lapangan Bantarangin Wonogiri, menampilkan Imam Ustadz Abdi Sambodo Al Hafidz, dan Katib Rasyidi Masyhur (mantan Kepala Depag Kabupaten Wonogiri).

Para katib, disamping menyampaikan materi tentang keikhlasan berkurban dan ulasan tentang hari raya Idul Adha, juga menyinggung tentang kemerdekaan Indonesia, terkait dengan momentum HUT Ke 72 Kemerdekaan RI tahun 2017. Idul Adha, memberikan dimensi makna ajaran keikhlasan kepada umat, sebagaimana keikhlasan para ulama, santri, para suhada dan umat Islam, ketika 72 tahun lampau ikut secara bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

(Bambang Purnomo/CN19/SMNetwork)

FUENTE:

http://berita.suaramerdeka.com/keikhlasan-berkorban-untuk-revolusi-mental/